Home » , , , , , , » BUKU 3 PKB : PANDUAN PENYELENGGARAAN DIKLAT CALON TIM PENILAI JABATAN FUNSIONAL GURU

BUKU 3 PKB : PANDUAN PENYELENGGARAAN DIKLAT CALON TIM PENILAI JABATAN FUNSIONAL GURU

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
BUKU 3






gurusekolahdasar-2013.co.id - Buku 3 pembinaan dan pengembangan profesi guru ini berisi tentang panduan penyelenggaraan diklat calon tim penilai pejabat fungsional guru.

Agar tugas dan fungsi yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan demikian  maka mutlak diperlukan penilaian  terhadap pelaksanaan tugas dan kewajiban  guru  dalam melaksanakan pembelajaran/pembimbingan, dan/atau tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Penilaian ini dilakukan untuk menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan. Bersama-sama  dengan hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diri, pengembangan publikasi ilmiah, dan/atau karya inovatif, hasil penilaian kinerja guru dikonversikan menjadi angka kredit yang diperlukan untuk kenaikan jabatan fungsional guru sebagaimana ditetapkan dalam Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009. 

Melalui penetapan angka kredit yang objektif, transparan, dan akuntabel terhadap unsur-unsur tersebut akan dapat mencerminkan korelasi yang signifikan antara kenaikan jabatan fungsional guru dengan peningkatan profesionalitasnya. Dengan kata lain semakin tinggi jabatan fungsional seorang guru, maka semakin  meningkat profesionalitas guru tersebut. Untuk keperluan penilaian dan penetapan angka kredit yang objektif, transparan, dan akuntabel tersebut, maka  akan dilaksanakan diklat bagi calon tim penilai angka kredit baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Melalui diklat calon tim penilai angka kredit diharapkan akan dihasilkan tim penilai yang memiliki kompetensi, keterampilan,  dan sikap untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara jujur,
objektif, transparan, akuntabel, dan penuh dedikasi. Akhirnya, melalui proses penilaian dan penetapan angka kredit jabatan fungsional guru akan dihasilkan guru-guru yang profesional, bermartabat, dan sejahtera dalam menunjang peningkatan kualitas pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada akhir diklat peserta diharapkan:
(a) Memahami   berbagai kebijakan baru berkaitan peningkatan mutu dan profesionalitas guru.
(b) Memahami secara  rinci tentang (a) unsur dan sub-unsur kegiatan guru dalam pengumpulan angka kredit, (b) jenjang jabatan dan pangkat guru, (c) rincian kompetensi dan unsur yang dinilai, (d) persyaratan tim penilai jabatan fungsional guru,
(c)  Memahami proses penilaian kinerja guru dan konversinya ke angka kredit  untuk  unsur pendidikan,  pelaksanaan pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan.
(d) Memahami dan dapat menilai angka kredit kegiatan pada unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan yakni (a) pengembangan diri, (b) publikasi ilmiah,  dan (c) karya inovatif
(e) Memahami secara umum tentang (a)  Mekanisme dan Prosedur Penilaian dan Penetapan Angka Kredit, dan (b) Pengangkatan, Pembebasan Sementara, Pengangkatan Kembali, dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan.

Untuk materi sajian, metode dan bahan diklat serta penyelenggaraan dan jadwal diklat dapat dilihat melalui buku 3 PKB. Download buku 3 di sini

Demikian, semoga memberi manfaat buat pembaca. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment