Home » , , , , » BUKU 2 PEDOMAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU (PK GURU)

BUKU 2 PEDOMAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU (PK GURU)

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
BUKU 2

PEDOMAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU (PK GURU)

format PKG


Guru sebagai pendidik profesional  mempunyai  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain tugas utamanya tersebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugastugas  lain yang  relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Oleh karena itu,  dalam penilaian kinerja guru beberapa subunsur yang perlu dinilai adalah sebagai berikut.
1.  Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas,  meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisis hasil penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian dalam menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.  Pengelolaan  pembelajaran tersebut mensyaratkan guru menguasai  24 (dua puluh empat) kompetensi yang dikelompokkan ke dalam kompetensi  pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk mempermudah penilaian dalam  PK GURU, 24 (dua puluh empat) kompetensi tersebut dirangkum menjadi 14 (empat belas) kompetensi sebagaimana dipublikasikan  oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Rincian jumlah kompetensi tersebut diuraikan dalam Tabel 1.
Kompetensi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran
No  Ranah Kompetensi       Jumlah Kompetensi  Indikator
1      Pedagogik                           7                          45
2      Kepribadian                        3                          18
3      Sosial                                  2                            6
4       Profesional                        2                             9
Total                                          14                          78
2.  Penilaian kinerja dalam melaksanakan proses pembimbingan bagi guru Bimbingan Konseling (BK)/Konselor  meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembimbingan, mengevaluasi dan menilai hasil bimbingan, menganalisis hasil evaluasi pembimbingan, dan melaksanakan tindak lanjut hasil pembimbingan. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27  Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor  terdapat    4 (empat) ranah kompetensi yang harus dimiliki oleh guru BK/Konselor. Penilaian kinerja guru BK/konselor mengacu pada 4 domain kompetensi tersebut yang mencakup 17 (tujuh belas) kompetensi seperti diuraikan dalam Tabel 2.
Kompetensi Guru Bimbingan Konseling/Konselor
No  Ranah  Kompetensi           Jumlah Kompetensi                 Indikator
1      Pedagogik                                     3                                       9
2      Kepribadian                                  4                                      14
3      Sosial                                            3                                      10
4      Profesional                                   7                                       36
        Total                                           17                                       69
3.  Kinerja yang terkait dengan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Pelaksanaan tugas tambahan ini dikelompokkan menjadi 2, yaitu tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka dan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka. Tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka meliputi: (1) menjadi kepala sekolah/madrasah per tahun; (2) menjadi wakil kepala sekolah/madrasah per tahun; (3) menjadi ketua program keahlian/program studi atau yang sejenisnya; (4) menjadi kepala perpustakaan; atau (5) menjadi kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya. Tugas tambahan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka dikelompokkan menjadi 2 juga, yaitu tugas tambahan minimal satu tahun (misalnya menjadi wali kelas, guru pembimbing program induksi, dan sejenisnya) dan tugas tambahan kurang dari satu tahun (misalnya menjadi pengawas penilaian dan evaluasi pembelajaran, penyusunan kurikulum, dan sejenisnya). 

Penilaian kinerja guru dalam melaksanakan tugas tambahan yang mengurangai jam mengajar tatap muka dinilai dengan  menggunakan  instrumen  khusus yang dirancang berdasarkan kompetensi yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas
]tambahan tersebut. Rincian  jumlah kompetensi dan jumlah indikator pelaksanaan tugas tambahan disampaikan dalam Tabel 3, 4, 5, 6, dan 7.
a)  Tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah
Kompetensi kepala sekolah/madrasah
No  Kompetensi                                         Kriteria
1  Kepribadian dan Sosial                              7
2  Kepemimpinan                                           10
3  Pengembangan Sekolah/Madrasah            7
4  Pengelolaan Sumber Daya                         8
5  Kewirausahaan                                           5
6  Supervisi Pembelajaran                              3
Total                                                              40

b) Wakil kepala sekolah
c)  Tugas tambahan sebagai kepala perpustakan
Kompetensi kepala perpustakaan
No  Kompetensi                                                                               Kriteria
1  Perencanaan kegiatan perpustakaan                                               8
2  Pelaksanaan program perpustakaan                                                9
3  Evaluasi program perpustakaan                                                      8
4  Pengembangan koleksi perpustakaan                                              8
5  Pengorganisasian layanan jasa informasi perpustakaan                  8
6  Penerapan teknologi informasi dan komunikasi                              4
7  Promosi perpustakaan dan literasi informasi                                   4
8  Pengembangan kegiatan perpustakaan sebagai sumber belajar       4
No  Kompetensi                                                      Kriteria
1  Kepribadian dan Sosial                                           7
2  Kepemimpinan                                                       10
3  Pengembangan Sekolah/-Madrasah                         7
4  Kewirausahaan                                                         5
Jumlah Kriteria                                                           29
Jumlah kriteria ke empat kompetensi tersebut kemudian ditambahkan
dengan banyaknya kriteria bidang tugas tertentu yang diampu oleh wakil
kepala sekolah/madrasah yang bersangkutan
•  Akademik  5
•  Kesiswaan  4
•  Sarana dan prasarana  3
•  Hubungan masyarakat  3
Contoh: jika seorang wakil kepala sekolah/madrasah mengampu bidang akademik,
maka total kriteria penilaian kompetensinya adalah 29 + 5 = 34

No  Kompetensi  Kriteria
9  Kepemilikan integritas dan etos kerja  8
10  Pengembangan profesionalitas kepustakawanan  4
Total  65

d)  Tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel/sejenisnya
Kompetensi kepala laboratorium/bengkel/sejenisnya
No  /Kompetensi/Kriteria
1  Kepribadian / 11
2  Sosial / 5
3  Pengorganisasian guru, laboran/teknisi /  6
4  Pengelolaan program dan  administrasi / 7
5  Pengelolaan pemantauan dan  evaluasi / 7
6  Pengembangan dan inovasi/  5
7  Lingkungan dan K3 / 5
Total  46
e)  Tugas tambahan sebagai ketua program keahlian
Kompetensi ketua program keahlian
No / Kompetensi / Kriteria
1  Kepribadian /  6
2  Sosial  / 4
3  Perencanaan / 5
4  Pengelolaan Pembelajaran / 6
5  Pengelolaan Sumber Daya Manusia / 4
6  Pengelolaan Sarana dan Prasarana / 4
7  Pengelolaan Keuangan / 4
8  Evaluasi dan Pelaporan / 4
Total  37
Tugas tambahan lain yang tidak mengurangi jam mengajar guru dihargai langsung
sebagai perolehan angka kredit sesuai ketentuan yang berlaku.

Download Buku 1 PKB di sini

0 komentar:

Post a Comment