Home » , , , , , » BUKU 1 PKB GURU (PEDOMAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU (PK GURU)

BUKU 1 PKB GURU (PEDOMAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU (PK GURU)

BUKU 1 PENILAIAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU


PENGERTIAN PKB PENILAIAN KEPROFESIONALAN BERKELANJUTAN

Pengertian PKB

gurusekolahdasar.co.id - Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting  dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia  cerdas dan kompetitif.  Karena itu, profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Konsekuensi dari guru sebagai profesi adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).

PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang  merupakan  kendaraan  utama  dalam  upaya  membawa perubahan  yang  diinginkan  berkaitan  dengan  keberhasilan siswa.  Dengan  demikian  semua  siswa  diharapkan  dapat mempunyai  pengetahuan  lebih,  mempunyai  keterampilan lebih  baik,  dan  menunjukkan  pemahaman  yang  mendalam tentang materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang mereka  ketahui  dan  mampu  melakukannya.  PKB  mencakup berbagai  cara  dan/atau  pendekatan  dimana  guru  secara berkesinambungan  belajar  setelah  memperoleh  pendidikan dan/atau pelatihan awal sebagai guru. PKB mendorong guru untuk memelihara dan meningkatkan standar mereka secara keseluruhan  mencakup  bidang‐bidang  berkaitan  dengan pekerjaannya sebagai profesi. Dengan demikian, guru dapat memelihara,  meningkatkan  dan  memperluas  pengetahuan dan keterampilannya serta membangun kualitas pribadi yang dibutuhkan di dalam kehidupan profesionalnya. Melalui kesadaran untuk memenuhi standar kompetensi profesinya  serta  upaya  untuk  memperbaharui  dan meningkatkan kompetensi profesional selama periode bekerja sebagai guru, PKB dilakukan dengan komitmen secara holistik
terhadap struktur keterampilan dan kompetensi pribadi atau bagian  penting  dari  kompetensi  profesional.  Dalam  hal  ini adalah  suatu  komitmen  untuk  menjadi  profesional  dengan memenuhi  standar  kompetensi  profesinya,  selalu memperbaharuimya,  dan  secara  berkelanjutan  untuk  terus berkembang.  PKB  merupakan  kunci  untuk  mengoptimalkan kesempatan  pengembangan  karir  baik  saat  ini  maupun  ke depan.  Untuk  itu,  PKB  harus  mendorong  dan  mendukung perubahan  khususnya  di  dalam  praktik‐praktik  dan pengembangan karir guru. 

Pada  prinsipnya,  PKB  mencakup  kegiatan  perencanaan, pelaksanaan,  evaluasi,  dan  refleksi  yang  didesain  untuk meningkatkan  karakteristik,  pengetahuan,  pemahaman,  dan keterampilan sebagaimana digambarkan pada diagram berikut ini  (diadopsi  dari  Center  for  Continuous  Professional Development (CPD). University of Cincinnati Academic Health Center.  http://webcentral.uc.edu/‐cpd_online2).  Dengan perencanaan  dan  refleksi  pada  pengalaman  belajar  guru dan/atau  praktisi  pendidikan  akan  mempercepat pengembangan  pengetahuan  dan  keterampilan  guru  serta kemajuan karir guru dan/atau praktisi pendidikan.

PKB  adalah  bagian  penting  dari  proses  pengembangan keprofesionalan guru. PKB tidak terjadi secara ad‐hoc tetapi dilakukan  melalui  pendekatan  yang  diawali  dengan perencanaan  untuk  mencapai  standar  kompetensi  profesi (khususnya  bagi  guru  yang  belum  mencapai  standar kompetensi sesuai dengan hasil penilaian kinerja, atau dengan kata lain berkinerja rendah), mempertahankan/menjaga dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan perolehan pengetahuan  dan  keterampilan  baru.  PKB  dalam  rangka pengembangan  pengetahuan  dan  keterampilan  merupakan tanggung‐jawab  guru  secara  individu  sesuai  dengan masyarakat  pembelajar,  jadi  sangat  penting  bagi  guru  yang berada  di  ujung  paling  depan  pendidikan. 

Oleh  karena  itu, agar  PKB  dapat  mendukung  kebutuhan  individu  dan meningkatkan praktik‐praktik keprofesianalan maka kegiatan PKB harus:
1.  menjamin kedalaman pengetahuan terkait dengan materi ajar yang diampu;
2.  menyajikan  landasan  yang  kuat  tentang  metodologi pembelaran (pedagogik) untuk mata pelajaran tertentu;
3.  menyediakan  pengetahuan  yang  lebih  umum  tentang proses  pembelajaran  dan  sekolah  sebagai  institusi  di samping  pengetahuan  terkait  dengan  materi  ajar  yang diampu  dan  metodologi  pembelaran  (pedagogik)  untuk mata pelajaran tertentu;
4.  mengakar dan merefleksikan penelitian terbaik yang ada dalam bidang pendidikan;
5.  berkontribusi  terhadap  pengukuran  peningkatan keberhasilan peserta didik dalam belajarnya;
6.  membuat guru secara intelektual terhubung dengan ide‐ide dan sumberdaya yang ada;
7.  menyediakan  waktu  yang  cukup,  dukungan  dan sumberdaya  bagi guru agar mampu menguasai isi materi belajadan pedagogi serta mengintegrasikan dalam praktik‐praktik pembelajaran sehari‐hari;
8.  didesain oleh perwakilan dari mereka‐mereka yang akan berpartisipasi  dalam  kegiatan  PKB  bekerjasama  dengan para ahli dalam bidangnya;
9.  mencakup berbagai bentuk kegiatan termasuk beberapa kegiatan  yang  mungkin  belum  terpikirkan  sebelumnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat itu.

0 komentar:

Post a Comment