MATERI PRAMUKA LENGKAP

DOWNLOAD MATERI PRAMUKA


materi pramuka


Scouting dalam bahasa Indonesia yang terkenal dengan istilah kepramukaan, dikembangkan oleh bapak lord robert baden powell  karena anak muda Inggris terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan pramuka secara intensif selama 8 hari pada tahun 1907, berdasarkan keberhasilan pengalaman sebelum dan sesudah kegiatan tersebut maka keluarlah buku " Scouting For Boy" , sejak saat itu pramuka berkembang di seluruh dunia termasuk Indonesia dengan dikeluarkannya peraturan MPRS No. II/MPRS/1960 yang diberikan presiden soekarno kepada pimpinan pandu untuk melaksanakan amanat MPRS tersebut dan membubarkan gerakan kepanduan menjadi sebuah nama yaitu GERAKAN PRAMUKA yang mempunyai tujuan mulia yaitu menjadi sebuah komponen yang potensial dalam membangun bangsa dan negara. walaupun sudah diresmikan pada tahun 1961, gerakan pramuka resmi dikenalkan kepada khalayak ramai sesaat setelah presiden menganugerahkan "panji gerakan pramuka" dengan keppres nomor 448 tahun 1961 pada tanggal 14 Agustus 1961 dan sejak saat itulah hari ulang tahun gerakan pramuka dirayakan setiap tanggal 14 agustus.

Download materi - materi pramuka pada link berikut:






















Pendidikan kepramukaan saat ini tak lagi sekadar mengisi masa senggang  para siswa, melainkan masuk ekstrakurikuler wajib pada kurikulum tahun 2013. Pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk mencetak kaum muda yang handal dan berkarakter. Sebagai pendidikan non formal, Gerakan Pramuka melengkapi pendidikan informal yang diperoleh peserta didik dalam keluarga dan pendidikan formal di sekolah.

Peranan keluarga pelaku pendidik informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan peserta didik  sering terjadi di antara rumah dan sekolah sehingga Gerakan Pramuka mempunyai peranan penting dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di kalangan ppeserta didik. Sebab kerja sama sinergis antara lembaga pendidikan formal, non formal, dan pendidikan informal dalam keluarga sangat penting dan menjadi suatu keharusan.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan kepramukaan diantaranya memupuk rasa kemanusiaan, nilai-nilai kejuangan, wawasan kebangsaan, rasa solidaritas, mengasah keterampilan dan hal-hal positif lainnya yang menjadi bekal bagi anggota pramuka untuk masa depannya.

Beberapa  karakter bangsa terbentuk melalui Gerakan Pramuka, misalnya tolong menolong, gotong royong, jujur, hormat kepada yang lebih tua dan lain sebagainya.

Demikian gurusekolahdasar-2013.blogspot.com yang bisa informasikan, semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu sekalian

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

1 komentar:

  1. terimakasih sekali, artikel bp/ibu sangat bermanfaat buat kami

    ReplyDelete