Home » , , , , , » INSTRUMEN LAGU BAGIMU NEGERI TANPA VOKAL

INSTRUMEN LAGU BAGIMU NEGERI TANPA VOKAL

DOWNLOAD INSTRUMEN LAGU BAGIMU NEGERI TANPA VOKAL
instrumen lagu bagimu negeri
lagu bagimu negeri ciptaan kusbini, sebelum kita ke artikel lagu mari kita menengok kembali siapa kusbini dan bagaimana sejarah hidupnya serta bagaimana proses kenapa akhirnya lagu itu diciptakan.

Kusbini lahir di Mojokerto Jawa Timur pada tanggal 1 Januari 1910 dan meninggal dunia di yogyakarta  pada umur 81 tahun [ada 28 Februari 1991, beliau adalah tokoh musik keroncong pada era tahun 1930-1955 bersama annie landouw, gesang, s abdoellah, miss roekiah dan lain-lain. Antara tahun 1942-1978 menciptakan lagu perjuangan bersama C. Simanjuntak, Ismail Marzuki, L Makin dan lain-lain, pada tahun 1950 beliau bekerja di P & K Yogyakarta untuk urusan musik., beliau juga tokoh pendiri Sekolah Musik Indonesia 1954 (SMINDO) Yogyakarta milik pemerintah yang kemudian menjadi AMI dan ISI yogyakarta. lagu bagimu negeri merupakan lagu perjuangan yang beliau ciptakan pada tahun 1942 dan menjadi lagu wajib nasional, kemudian ditetapkan sebagai lagu nasional pada tahun 1960.

Baca Juga Instrumen Lagu Indonesia Raya

Kenapa lagu diciptakan sejarahnya cukup unik, saat itu presiden soekarno bertanya padanya tentang menciptakan lagu perjuangan dan saat itu juga kusbini langsung menyetujuinya, negeri diartikan kusbini sebagai negara, dia sengaja menyembunyikan pesan perjuangan ini karena jepang sangat tidak menyukai tentang hal-hal yang berbau perjuangan kemerdekaan. sebelum berkumandang secara resmi lagu bagimu negeri mengalami perubahan syair beberapa kali dan Ibu Sud menyanyikannya pertama kali Melalui Hoso Kanri Kyoku

Padamu negeri kami berjanji memiliki makna  janji dari setiap anak bangsa Indonesia yang ditujukan kepada negerinya, bukan kepada yang lain. 

Padamu negeri kami berbakti memiliki makna setiap warga negara wajib berbakti kepada bangsa dan negaranya. Setiap orang Indonesia memiliki kewajiban untuk berbuat sesuatu yang memiliki nilai manfaat, membawa pada perbaikan pada kondisi negeri ini. Atas bakti ini, setiap orang Indonesia dituntut dan memiliki kewajiban berupaya memberikan sumbangsihnya sesuai kemampuan yang dimilikinya.

Padamu negeri kami mengabdi memiliki makna bahwa setiap orang Indonesia sesungguhnya memiliki kewajiban untuk mengabdi demi negerinya dengan upaya terbaiknya. Hal ini seperti yang dicontohkan para pejuang kemerdekaan dulu di mana rakyat bersama-sama dengan pemimpinnya berjuang untuk negeri tanpa kenal pamrih.

Bagimu negeri jiwa raga kami menyiratkan semangat untuk mengorbankan apa saja demi negerinya, baik itu mengorbankan jiwa dan raga. Itulah perngorbanan yang dicontohkan para pahlawan bangsa. Mereka bergururan demi memperjuangkan kepentingan dan kemerdekaan negerinya tanpa mengharapkan bisa menikmati hasil perjuangannya itu.

Demikian yang gurusekolahdasar-2013.blogspot.com bagikan semoga selain dapat lagunya untuk pembelajaran bisa mengetahui juga sejarah pembuatan lagu tersebut agar rasa menghargai lagu tersebut lebih dalam.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 
 

 

0 komentar:

Post a Comment